• (0541) 742018
  • pa-samarinda@pta-samarinda.net
  • Pengadilan Agama Samarinda

PA Samarinda raih peringkat pertama anugerah KIP Provinsi

WhatsApp Image 2021 12 14 at 08.06.05

Pengadilan Agama Samarinda kembali meraih anugerah peringkat pertama Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Timur untuk kategori instansi vertikal kabupaten dan kota di Kaltim. Sebelumnya Pengadilan Agama Samarinda meraih penghargaan dari Kemenkeu DJPB karena telah berhasil meraih peringkat terbaik dalam kategori kinerja rekonsiliasi laporan keunganan tingkat satker/UKPA Provinsi Kaltim. Penganugerahan ini diterima pada malam penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Senin malam (13/12/2021) di hotel Bumi Senyiur Samarinda. Penghargaan ini merupakan kado yang manis di akhir tahun bagi Pengadilan Agama Samarinda.

Pengadilan Agama Samarinda peringkat pertama yang meraih nilai 92,8 dengan predikat “Informatif” sebagai instansi vertikal kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. Di ikuti Pengadilan Agama Balikpapan dan Pengadilan Agama Bontang yang menempati peringkat kedua dan ketiga pada kategori yang sama.

ppid14 12 2021 070144
WhatsApp Image 2021 09 24 at 09.21.20

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Informasi (KI) pusat menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi publik (KIP) bagi seluruh Badan Publik yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, karena dengan keterbukaan informasi itulah masyarakat dapat mengukur dan mengontrol kinerja dari Badan Publik tersebut.

Membuka secara resmi kegiatan Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 Wakil Gubernur Kalimantan Timur menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh instansi Pemerintah dan Instansi Daerah yang telah mewujudkan keterbukaan Informasi Publik sehingga seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Timur dapat merasakan efek atas keterbukaan informasi tersebut.

Beberapa poin penilaian yang menjadi baromater keterbukaan Informasi publik adalah meliputi pengembangan website badan publik, pengumuman informasi badan Publik, Pelayanan Informasi publik, dan ketersediaan informasi pada badan publik.


Selain Pengadilan Agama Samarinda, terdapat 7 kategori lainnya yang dianugerahi KIP tersebut se-Provinsi Kalimantan Timur. Acara itu juga dihadiri oleh ketua KI Pusat, Gede Narayana beserta beberapa komisioner KI dari provinsi lain seperti Sumatera barat dan Jawa Timur.

WhatsApp Image 2021 12 14 at 07.58.58

Leave a Reply

Your email address will not be published.